Rabu, 30 April 2014

Cara membersihkan cache dan registry menggunakan CCleaner v4.06



CCleaner ialah software yang berguna untuk membersihkan cache yang tidak terpakai dan juga untuk memperbaiki registry-registry, berikut langkah-langkah untuk membersihkan file cache menggunakan software yang satu ini.

1.Pertama double klik icon CCleaner di desktop Anda, setelah itu akan muncul kotak dialog seperti dibawah, lalu klik "Analisa".



2.Ceklist juga checkbox lokasi yang Anda inginkan untuk dibersihkan cache-nya tapi biasanya sudah otomatis terceklist oleh CCleaner tersebut, dan ini contoh hasil penganalisaan cache yang sudah dilakukan tadi, setelah proses penganalisaan berhenti, klik "Jalankan CCleaner".


3.Lalu setelah Anda mengklik "Jalankan CCleaner", biasanya yang baru menginstal CCleaner akan muncul kotak dialog yang berisi peringatan, klik "OK" jika ingin melanjutkannya, ceklist juga checkbox dibawahnya jika Anda ingin kotak dialog peringatannya tidak muncul lagi.


4.Lalu proses permbersihan cache dimulai, jika dalam proses pembersihan masih menyisakan cache, terus klik "Jalankan CCleaner" sampai semua cache bersih. Dan inilah hasil proses pembersihan cachenya, jika Anda ingin keluar klik saja "Close" pada pojok kanan atas jendela CCleaner.


Selain CCleaner dapat membersihkan file cache yang tidak berguna, CCleaner juga dapat membersihkan dan memperbaiki masalah registry-registry, berikut langkah-langkahnya.

1.Klik "Registry", lalu klik "Pindai Masalah".


2.Proses pemindaian sedang berlangsung.

3.Setelah proses pemindaian selesai, klik "Perbaiki masalah terpilih..."
.
4.Lalu muncul kotak dialog untuk mencadangkan registry, dalam bagian ini sebenarnya terserah Anda untuk mencadangkannya atau tidak, tapi kali ini Saya memutuskan untuk tidak mencadangkannya.


5.Kemudian muncul kotak dialog terakhir, Anda cukup mengklik "Perbaiki Semua Masalah Terpilih", jika tombol tersebut menjadi tidak bisa di klik lagi, berarti semua registry-nya sudah diperbaiki, lalu klik "Tutup".


6.Dan pembersihan registry pun selesai, jika ingin keluar Anda cukup mengklik tombol "Close" di pojok kanan atas jendela CCleaner.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar